Langsung ke konten utama

Penyebab Penyakit Stroke ,Gejala dan Solusi Pencegahan

DokterGaul.Net - Penyebab Penyakit Stroke ,Gejala dan Solusi Pencegahan - Penting bagi anda semua mengenal sejak dini tentang penyakit stroke mulai dari gejala, penyebab dan cara pencegahan dini yang efektif. Sroke adalah serangan yang terjadi pada otak yang munculnya secara mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain, penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infarkserebral). Hal ini dipicu oleh penyumbatan atau penyempitan  dan pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga pasokan darah dan oksigen yang menuju ke otak mengalami kekurangan dan menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusak dan mematikan sel-sel saraf otak.


Gejala, Penyebab, Pencegahan Stroke
Gejala, Penyebab, Pencegahan Stroke | Sumber gambar : images.google.com
Hingga akhir tahun 2012 jumlah penderita stroke di indonesia sudah mencapai 500.000 orang dengan angka 12.500 jiwa melayang akibat serangan penyakit stroke tersebut. Sedengkan sisanya mengalami cacat fisik baik cacat ringan maupun berat. Oleh karena itu pengobatan dan pencegahan sejak dini menjadi langkah penting untuk memerangi penyakit stroke.


Hal yang menjadi penyebab penyakit stroke

Secara umum ada dua faktor yang menyebabkan penyakit stroke, faktor tersebut antara lain :
  • Faktor Resiko Medis, penyebab stroke semakin parah dengan adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, kolesterol,arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga  atau faktor keturunan dan migren atau sakit kepala sebelah. Menurut statistik yang dihasilkan oleh para ahli, pemicu utama penyakit stroke adalah hipertensi dan arterioklerosis.
  • Faktor Resiko Perilaku dan Kebiasaan, disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan individu tersebut kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda dan gemar memakan makanan cepat saji atau junk food. Faktor resiko perilaku yang lainnya yaitu kurangnya aktifitas gerak atau olah raga dan obesitas. Salah satu pemicu lainnya yang sering kita jumpai yaitu suasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa ada penyebab yang jelas.

Gejala, Penyebab, Pencegahan Stroke
Gejala, Penyebab, Pencegahan Stroke | Sumber gambar : images.google.com



Kenali Gejala-Gejala Penyakit Stroke Sejak Dini

Pada tahap awal, semua orang wajib memperoleh pengetahuan dan informasi tentang stroke dan meyakinkan kepada mereka bahwa penyakit stroke merupakan serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima gejala utama yang harus diketahui dan dipahami. Sehingga semua orang akan mengerti dan waspada tentang bahayanya serangan penyakit stroke ini.

Gejala utama penyakit stroke :
  • Rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan,kaki,muka terutama pada satu bagian tubuh saja.
  • Perasaan bingung yang mendadak sehingga sulit berbicara dan sulit untuk mengerti akan suatu hal.
  • Salah satu atau kedua mata mendadak terasa kabur
  • Mendadak kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan dan terhuyung
  • Merasa pusing secara mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas
Tanda-tanda yang mengikuti gejala di atas tadi meliputi :
  • Rasa mual dan muntah-muntah di ikuti dengan panas.
  • Pingsan mendadak dan kehilangan kesadaran

Kiat Untuk Mencegah Serangan Penyakit Stroke

Untuk menghindari penyakit stroke ini setiap orang harus membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini merupakan 10 langkah untuk mencegah dan terhindar dari ancaman penyakit stroke yang dapat menyerang anda kapanpun juga.

1. Hentikan dan Hindari kebiasaan anda merokok

Kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan akan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal. Oleh karena itu segera berhenti melakukan kebiasaan merokok untuk membuat tubuh anda menjadi sehat dan selalu panjang umur.

2. Periksakan tensi darah secara rutin
Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, selalu cek tensi darah secara teratur. Hal tersebut untuk mengetahui seberapa tekanan darah anda, jika mengalami tekanan darah yang tidak normal, akan ada pencegahan dini untuk tidak menjurus ke ancaman penyakit stroke.

3. Kendalikan penyakit jantung
Jika Anda mempunyai gangguan ataupun gejala penyakit jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan detak yang tidak teratur, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik. Konsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kolesterol.


4. Atasi dan kendalikan stres dan depresi
Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang. Hindari memikirkan hal yang seharusnya tidak anda pikirkan. Penyabab terbesar stroke bagi kalangan orang belakangan ini akibat stres dan terlalu banyak pikiran.

5. Makanlah dengan sehat
Makan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari secara teratur. Hindari makan daging merah terlalu banyak sebab lemak jenuh yang dihasilkan daging merah ini dapat membuat pembuluh darah anda mengeras.  mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan dapat mengendalikan lemak dalam darah anda.

6. Kurangi garam
Memakan makanan yang memiliki kandingan garam tinggi akan meningkatkan tekanan darah anda atau hipertensi, hipertensi penyebab terbesar pula untuk resiko ancaman penyakit stroke.

7. Pantau berat badan Anda
Mempunyai badan yang terlalu gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko Anda untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Atur pola makan anda secara terkontrol dan teratur.

8. Berolahraga dan aktif
Melakukan aktifitas fisik secara teratur seperti olah raga dan sebagainya akan mudah membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah di seluruh tubuh anda.

9. Kurangi alkohol
Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya atau bahkan harus berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyebab penyakit stroke.

10. Mencari Informasi
Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak pengetahuan dan  hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan penyakit stroke. Anda harus berhati-hati tentang beragam hormon termasuk pil dan terapi penggantian hormon HRT yang sering dan biasa ditawarkan oleh penyedia informasi, karena diduga dapat membuat darah menjadi kental dan cendrung mudah menggumpal

Dengan mengenali tentang gejala dan penyebab serta resiko penyakit stroke, diharapkan kita semua lebih waspada dan hati-hati dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Semoga bermanfaat.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya