Langsung ke konten utama

Gejala Umum yang Timbul Pada Penyakit Jantung

DokterGaul.Net - Gejala Umum Penyakit Jantung - Pada umumnya gejala sakit jantung yang diderita orang-orang disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Akibatnya fungsi dari jantung mengalami gangguan.

Gejala-Gejala Penyakit Jantung :

  • Angina : Mengalami rasa nyeri atau rasa adanya tekanan dibagian dada.
  • Aritmia : Istilah yang dipergunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama detak jantung, hal tersebut dapat menyebabkan palpitasi atau denyut jantung yang tidak normal.
Angina dan aritma dapat disebabkan oleh kurangnya pasokan darah yang akan membawa oksigen ke otot-otot jantung. Gejala lain yang mengikuti angina dan aritma ini dapat berupa pusing, mual, berkeringat dingin, sesak nafas dan letih berkepanjangan.


gejala penyakit jantung, gejala serangan jantung,gejala umum sakit jantung,gejala awal penyakit jantung
Gejala Penyakit atau Serangan Jantung | Sumber gambar : Sanatate.bzi.ro

Gejala yang sudah kami sebutkan di atas tadi dapat menjadi peringatan awal akan resiko serangan jantung. Banyak orang yang menganggap gejala penyakit jantung ini sebagai masuk angin biasa. Hal tersebut membuat pertolongan pertama pada sakit jantung menjadi terlambat dan merugikan para penderita. Mengapa ?

Sebab pada saat serangan jantung terjasi, otot-otot jantung akan mati ketika tidak mendapatkan darah dan tidak seperti otot-otot yang lain, otot jantung tidak dapat melakukan regenerasi.

Oleh karena itu jika semakin lama serangan jantung itu terjadi dan tidak segera ditangani, maka kemungkinan besar banyak kerusakan permanen yang terjadi pada otot-otot jantung dan bahkan jika terus dibiarkan akan menimbulkan kamatian.

Pada saat serangan jantung timbul, sangat penting bagi anda untuk segera mencari bantuan medis sebab resiko kematian paling besar adalah pada saat kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung.

Penanganan yang cepat akan mengurangi kerusakan permanen pada otot-otot jantung. Semakin banyak otot-otot jantung yang diselamatkan, maka semakin efektif pula jantung untuk kembali memompa darah setelah terjadi serangan.

Mengingat tentang sangat berbahayanya penyakit jantung yang mengancam kehidupan, mengurangi resiko atau mencegah penyakit jantung merupakan cara terbaik. Selain dengan olahraga dan menjaga pola makan teratur, mengkonsumsi suplemen herbal juga dapat membantu anda untuk mencegah penyakit mematikan ini.

Demikian tadi artikel tentang gejala-gejala umum penyakit jantung yang sudah Tim DokterGaul paparkan untuk menjadi sebuah referensi anda untuk selalu hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya