Langsung ke konten utama

Gejala dan Penyebab yang Timbul Pada Penyakit Batu Ginjal

DokterGaul.Net - Gejala dan Penyebab yang Timbul Pada Penyakit Batu Ginjal - Pada kesempatan kali ini DokterGaul.Net akan mencoba berbagai artikel dan pengetahuan tentang apa saja gejala penyakit batu ginjal beserta penyebab dan pengobatannya. Batu ginjal atau dapat disebut dengan renal lithiasis merupakan gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda.

Batu ginjal ini terbuat dari asam garam dan mineral. Batu ginjal ini disebabkan  dari berbagai hal. Pada umunya batu ginjal terbentuk saat cairan urin berkonsentrasi, mineral menggumpal dan mengkristal.

Sakit batu ginjal biasanya dapat dirasakan pada tubuh bagian samping atau punggung, dibawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah serta pangkal paha. Rasa nyeri akan berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urine.


Gejala dan Penyebab Batu Ginjal,pengobatan batu ginjal,resiko batu ginjal
Gejala dan Penyebab Batu Ginjal | Sumber gambar : images.google.com


Batu ginjal ini tidak mengakibatkan kerusakan permanen pada anggota tubuh. Pengobatan dari rasa sakit yang diderita dan meminum banyak air putih merupakan upaya yang sering dilakukan bagi setiap orang yang mengalaminya.

Kenali Gejala Penyakit Batu Ginjal Sejak Dini

Batu ginjal ini tidak menimbulkan tanda-tanda serius sebelum batu ginjal tersebut sampai pada  ureter atau pipa yang menghubungkan kandung kemih dengan ginjal. Pada umunya gejala batu ginjal yang sering di alami sebagian orang antara lain :
  • Rasa nyeri yang parah pada sisi tubuh dan punggung serta dibawah pinggul
  • Rasa nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan menyebar ke pangkal paha
  • Urin anda berwarna pink, merah atau coklat
  • Rasan nyeri pada saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Mual dan muntah-muntah
  • Menggigil dan demam pada waktu infeksi terjadi
Penyebab Batu Ginjal dan Faktor Resiko

Batu ginjal dapat terbentuk ketika komponen dalam urin (cairan dengan berbagai mineral dan asam) anda kehilangan keseimbangan. Pada saat mengalami hal ini, urin anda terdapat lebih banyak zat yang melangalami pengkristalan, seperti oxalate, kalsium, dan uric acid daripada cairan. Ketika waktu yang bersamaan pula urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga terbentuk batu ginjal. Hal ini dapat dengan mudah batu ginjal lebih mudah terbentuk.

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal,pengobatan batu ginjal,resiko batu ginjal
Gejala dan Penyebab Batu Ginjal | Sumber gambar : images.google.com


Faktor resiko yang dapat meningkatkan batu ginjal terjadi antara lain sebagai berikut :
  • Memiliki keturunan yang pernah mengidap penyakit batu ginjal
  • Seseorang yang berusia 40 tahun ke atas, walaupun batu ginjal dapat menyerang orang pada usia berapapun
  • Laki-laki lebih dominan mengalami ancaman batu ginjal
  • Dehidrasi
  • Makanan yang tinggi protein,sodium, dan gula dapat meningkatkan resiko beberapa jenis batu ginjal
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Memiliki penyakit atau operasi pada bagian pencernaan
  • Kondisi medis lain seperti renal tubular acidosis,cystinuria,hyperparathyroidism dan infeksi saluran urin tertentu
Jenis-Jenis Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya

Penyakit batu ginjal memiliki beberapa jenis berdasarkan sumber pembentuknya. 

1. Batu kalsium
Banyak batu ginjal adalah batu kalsium yang biasanya berbentuk kalsium oxalate. Kadar oxalate yang tinggi dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran, kacang dan coklat. Hati anda juga menghasilkan oxalate. Makanan, vitamin D dosis tinggi, operasi saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oxalate pada urin. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

2. Batu struvite
Batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran urin. Batu struvite dapat berkembang dengan cepat dan menjadi cukup besar.

3. Batu uric acid
Ini terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, mereka yang makan makanan tinggi protein dan mereka yang memiliki encok. Faktor genetik tertentu dan kelainan pada jaringan penghasil darah juga dapat membuat anda cenderung mengalami batu uric acid.

4. Batu cystine
Batu ginjal jenis ini memiliki kasus yang sedikit. Batu ini terbentuk pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino (cystinuria) tertentu dalam jumlah banyak.

5. Batu lainnya
Kasus batu ginjal langka lainnya juga dapat terjadi.

Mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti apa yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan pengetahuan dan himbauan apa yang harus anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit  batu ginjal.


Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal dapat kita cegah dengan membiasakan diri dengan gaya hisup sehat seperti berikut ini :
  • Meminum cukup atau banyak air mineral setiap hari
  • Perubahan gaya hidup
  • Kurangi makanan yang mengandung oxalate seperti bayam, ubi, teh, coklat dan produk kedelai
  • memilih makanan yang rendah garam dan protein hewani
  • makan makanan kaya akan kalsium akan tetapi batasi penggunaan suplemen kalsium

Demikian tadi informasi tentang Gejala dan Penyebab Penyakit Batu Ginjal . Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan tambahan pengetahuan bagi anda dalam upaya menjaga selalu kesehatan tubuh anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya. 

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya