Langsung ke konten utama

Gejala dan Penyebab Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

DokterGaul.Net - Gejala dan Penyebab Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) - Perlu pengetahuan sejak dini tentang gejala dan penyebab hipertensi. Kondisi umum sesorang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dimana cairan darah yang ada di dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat, dan pada akhirnya akan menyebabkan masalah kesehatan seperti ancaman penyakit jantung bahkan stroke . Tekanan darah tersebut ditentukan oleh jumlah darah yang dapat dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada pembuluh darah arteri anda. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung anda, maka arteri anda akan mengalami penyempitan, dan tekanan darah akan meningkat.

Anda dapat mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) selama bertahun-tahun tanpa mengalami gejala.  Tekanan darah yang tidak terkontrol ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk serangan jantung dan stroke.


Gejala dan Penyebab Hipertensi | Tekanan Darah Tinggi | Sumber gambar : images.google.com

Tekanan darah tinggi dapat berkembang secara bertahun-tahun, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Beruntunglah hipertensi ini dapat dengan mudah dideteksi. Ketika anda mengetahui bahwa anda mempunyai tekanan darah tinggi, anda harus segera melakukan upaya dengan dokter untuk segera mengendalikan tekanan darah anda menuju normal.

Gejala Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Sering kita jumpai orang yang mempunyai tekanan darah tinggi tidak mempunyai gejala yang berarti bagi kesehatan, meskipun tekanan darah sudah mencapai level yang tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun telah beberapa orang saat mengalami tekanan darah tinggi muncul gejala dull headache atau pusing dan sakit kepala disertai mimisan, tanda-tanda seperti ini malah tidak muncul pada hipertensi pada tingkat lanjut bahkan pada tingkat yang sudah dapat membahayakan nyawa.

Orang yang mempunyai hipertensi seakan-akan tidak menimbulkan gejala, namun ada pula yang mengalami gejala awal yang mungkin dapat terjadi seperti :
  • Sakit kepala dan pusing
  • Mimisan atau pendarahan pada hidung
  • Kelelahan
  • Wajah kemerahan

Penyebab dan Faktor Resiko Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Untuk dapat memahami tentang penyebab hipertensi, alangkah lebih baik jika kami membaginya menjadi dua, antara lain :

1. Hipertensi Primer, Kebanyakan orang dewasa tidak dapat mengidentifikasi penyebab yang ditimbulkan dari hipertensi ini, tekanan darah ini disebut hipertensi essensial atau hipertensi primer. Cenderung berkembang selama bertahun-tahun.

2. Hipertensi Sekunder, beberapa orang mengalami tekanan darah tinggi dengan kondisi dan gangguan yang menjadi penyebab utama (underlying condition). Tekanan darah seperti ini disebut juga dengan hipertensi sekunder. Sering muncul tiba-tiba dan mendadak tekanan darah menjadi lebih tinggi dari pada hipertensi primer. Berbagai kondisi dan pengobatan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sekunder ,termasuk di antaranya :

  • Masalah ginjal
  • Pengobatan tertentu, seperti pil KB, obat flu, dekongestan, pereda nyeri dan resep obat yang lain.
  • Obat-obatan ilegal seperti kokain dan amphetamines
  • Kelainan pada pembuluh darah yang diperoleh sejak lahir (congenital)

Tekanan Darah | Sumber gambar : images.google.com



Faktor Resiko Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini mempunyai beberapa faktor resiko di antaranya sebagai berikut :
  • Usia, tekanan darah dapat meningkat dengan bertambahnya usia
  • RAS hipertensi, tekanan darah tinggi yang didapat dari keturunan
  • Latar belakang keluarga
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Kebiasaan merokok
  • Stres
  • Tidak pernah melakukan aktifitas fisik, dengan melakukan olahraga akan membuat denyut jantung anda bekerja dengan baik dan membuat arteri anda jauh lebih kuat. Kekurangan aktifitas fisik akan membuat anda obesitas.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi
  • Kekurangan vitamin D di dalam darah anda. Vitamin D dapat mempengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal dan dapat mempengaruhi tekanan darah anda.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Kolesterol tinggi, diabetes, penyakit ginjal
  • Terkadang kehamilan juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat
Meskipun tekanan darah tinggi atau hipertensi ini banyak terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalami hipertensi dengan gejala gangguan jantung dan hati, namun hal tersebut akan terjadi bagi anak-anak yang mempunyai gaya hidup yang buruk seperti diet yang tidak sehat dan kurang melakukan kegiatan olahraga akan memberikan penyebab tekanan darah tinggi.

Jagalah kesehatan anda agar terhindar dari segala macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh anda dan terhindar dari kematian. Sayangi tubuh anda sehingga anda dapat memiliki kesempatan untuk merasakan umur panjang. Semoga artikel tentang Gejala dan Penyebab Hipertensi di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Di jaman yang serba modern dan teknologi yang sudah canggih, telah ditemukan metode pengobatan yang menggunakan teknologi yang sangat canggih yaitu: 
Pengobatan Kanker Payudara dengan Menggunakan Metode Terapi Ozon
dan
Terapi Laser Weber.

Anda tidak perlu khawatir bila harus keluar negeri untuk mendapatkan pengobatan dengan Terapi Ozon dan Terapi Laser Weber, di Indonesia tepatnya di Bekasi ada Klinik yang sudah mengaplikasikan metode tersebut. Bisa klik Klinik dr. Lenny Tan


Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya