Langsung ke konten utama

Kanker Prostat, Gejala, Penyebab dan Pencegahan

DokterGaul.Net - Kanker Prostat, Gejala, Penyebab dan Pencegahan - Prostat merupakan kelenjar yang berbentuk menyerupai buah kenari yang dapat menghasilkan cairan mani untuk memelihara dan menghantarkan sperma. Sebelumnya kami sudah membahas artikel tentang penyebab dan gejala kanker serviks.

Kanker prostat merupakan salah satu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Sebagian besar penyakit ini menyerang pria berusia 70 tahun ke atas dan pada semua pria yang berusia 90 tahun. Kanker prostat ini jarang dijumpai pada pria yang berusia 40 tahun ke bawah. 

Kanker prostat ini dapat menyebabkan kematian nomor tiga pada seorang pria, dan menjadi penyebab utama kematian akibat kanker pada pria pada usia 74 tahun. Penyebab tidak diketahui walaupun beberapa riset atau penelitian telah menunjukan bahwa adanya hubungan antara diet lemak tinggi dan meningkatnya kadar hormon testosteron.

Sebagian besar kanker prostat ini tidak mempunyai gejala yang jelas, karena perkembangannya yang lambat. Pada kebanyakan kasus , kanker prostat ini baru dapat terdeteksi setelah menyebar ke tulang terutama tulang belakang, tulang panggul, dan iga bahkan sampai ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang akan menjadi rapuh dan mengakibatkan patah tulang atau fraktur.

Gejala Kanker Prostat,Penyebab Kanker Prostat,Pencegahan Kanker Prostat
Gejala dan Penyebab Kanker Prostat | Sumber gambar : images.google.com
Gejala Kanker Prostat

Pada kanker prostat tahap awal tidak mempunyai gejala atau tanda-tanda yang jelas, namun pada tahap lanjut gejala kanker prostat dapat meliputi :
  • Mempunyai masalah di saat buang air kecil
  • Cairan urine yang mengandung darah
  • Berkurangnya kualitas urine
  • Adanya darah pada air mani
  • Pembengkakan pada kaki
  • Terasa tidak nyaman pada area pinggul
  • Merasakan nyeri pada tulang

Penyebab dan Faktor Resiko Kanker Prostat

Tidak jelas apa sebenarnya yang menyebabkan kanker prostat. Para dokter menilai bahwa kanker prostat timbul ketika beberapa sel prostat menjadi tidak normal. Mutasi sel yang tidak normal tersebut akan membuat sel tumbuh sangat cepat dibanding sel yang normal. Pada saat sel normal mati, maka sel ini tidak akan mati. Kumpulan dari sel-sel yang tidak mati tersebut akan membentuk sebuah tumor yang tumbuh dan menyerang jaringan yang ada disekitarnya. Beberapa sel yang tidak normal tersebut kemungkinan akan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Beberapa faktor resiko yang memungkinkan untuk menderita kanker prostat yaitu:
  • Sudah mencapai usia yang tua
  • Mempunyai keturunan keluarga yang pernah mengidap kanker prostat
  • Obesitas, Seorang pria yang menderita kanker prostat dan mempunyai berat badan yang tidak normal akan sulit melakukan perawatan medis.

Cara, Tips Pencegahan Kenker Prostat

1. Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan buah dan sayur. Selalu menghindari makanan yang berlemak tinggi dan kurangi penggunaan suplemen. Sayuran dan buah-buahan ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu lycopene yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

2. Selalu berolahraga secara teratur. Olahraga ini dapat mengembalikan atau memperbaiki kesehatan anda serta dapat menjaga berat badan anda. Terdapat bukti yang menjelaskan bahwa pria yang selalu berolahraga mempunyai kemungkinan kecil untuk terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.

3. Menjaga berat badan anda. Jika saat ini anda sudah mempunyai berat badan yang sudah ideal, perlu anda pertahankan dengan selalu melakukan olahraga secara teratur. Bagi anda yang mempunyai berat badan lebih, usahakan mengurangi kalori yang ada pada makanan anda dan selalu berolahraga dengan teratur.

4. Konsultasi dengan dokter ahli kanker prostat jika anda merasa adanya resiko kanker prostat pada diri anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat menunda dan mencegah terbentuknya kanker prostat pada pria berusia 55 tahun ke atas. Obat ini sudah sering digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat serta kerontokan rambut pada pria. Hingga saat ini masih belum ditemukan obat kanker prostat yang benar-benar paten, namun para ilmuwan sedang mengembangkan obat kanker prostat yang baru dengan nama  Abiraterone.

Gejala Kanker Prostat,Penyebab Kanker Prostat,Pencegahan Kanker Prostat
Tomat Salah Satu Buah Pencegah Kanker Prostat | Sumber gambar : images.google.com
Itulah tadi sajian DokterGaul.Net tentang gejala, penyebab, pencegahan kanker prostat yang sering diderita oleh kaum pria di usia lanjut. Semoga dengan sajian di atas anda dapat lebih berhati-hati untuk selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup yang baik dan selalu berolahraga. Anda dapat membaca artikel kesehatan kami seputar kanker dengan judul Tips Ampuh Terhindar Dari Ancaman Penyakit Kanker.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya