Langsung ke konten utama

10 Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

DokterGaul.Net - Makanan yang Baik Untuk Wanita Hamil - Periode kehamilan merupakan waktu yang sangat penting bagi wanita sebagai calon ibu dari sang bayi untuk selalu memberikan gizi terbaik untuknya. Maka dari itu seorang ibu hamil harus selalu memperhatikan gizi yang baik demi menjaga kesehatan dirinya sendiri maupun kesehatan calon bayi yang dikandungnya. Perlunya menjaga kesehatan pola makan ini dilakukan mulai dari awal kehamilan hingga menjelang melahirkan. Bagi anda yang masih bingung tentang ciri-ciri wanita hamil dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

Sudah pasti tidak semua makanan baik untuk wanita hamil. Ada pula makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi selama  periode kehamilan. Berikut ini merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil.


Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Makanan Untuk Ibu Hamil | Sumber Gambar : Thenewageparents.com
Telur, Ikan, dan Daging
Banyak jenis daging, ikan, dan telur yang seharusnya dikonsumsi untuk wanita hamil

1. Daging Tak Berlemak
Daging merupakan sumber protein yang mempunyai kualitas tinggi. Untuk ibu hamil carilah daging yang tak berlemak atau lemak yang telah terpisahkan dari daging. Pada saat membeli daging merah, sangat sulit mendapatkan daging yang tak berlemak. Jangan memakan hot dog kecuali jika daging yang dipakai telah dipanaskan dengan uap yang sangat panas. Adanya resiko kecil bagi makanan seperti ini sebab dapat terjadinya perantara bakteri parasit dari daging seperti toxoplasma listeria monocytogenes , atau salmonella pada bayi.

2. Telur
Elizabeth Ward seorang ahli gizi menyatakan bahwa tealur merupakan hal yang menakjubkan, dimana anda dapat mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya 90 kalori.
Selain itu telur juga mempuyai kandungan 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein yang sangat berkualitas yang tentunya sangat penting untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan dapat mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatan otaknya. Beberapa juga mengandung omega-3 yang sangat penting bagi otak untuk membangun pengelihatan yang baik pada sang bayi.

3. Ikan Salmon
Salmon tidak hanya diperkaya oleh protein yang tinggi namun juga sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi yang ada pada ikan salmon ini baik sekali untuk para wanita hamil, selain itu ikan salmon juga mempunyai kandungan mercury yang rendah. Bahaya ikan lain bagi ibu hamil yaitu kandungan mercury yang tinggi yang sangat berbahaya bagi perkembangan sistem syaraf pada bayi. Namun perlu diingat jangan memakan ikan salmon terlalu banyak, DokterGaul.Net menganjurkan agar anda memakan ikan salmon setidaknya 12 ons per minggu, hal ini untuk mengurangi bahaya mercury pada iklan salmon.

Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Ikan Salmon | Sumber gambar : images.google.com

Buah-Buahan, Sayuran, dan Kacang-Kacangan
Beberapa jenis buah,sayur, dan kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi ibu hamil

1. Ubi Jalar
Merupakan pengetahuan baru bagi para wanita hamil bahwa ubi jalar ini mempunyai manfaat bagi anda yang sedang hamil. Ubi jalar memiliki warna oranye yang terdiri atas karotenoid, pigmen tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh anda.
Walaupun mengkonsumsi terlalu banyak akan makanan yang mengandung vitamin A bisa berbahaya, karotenoid merupakan zat yang berbeda. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A hanya pada saat diperlukan, sehingga anda tidak perlu membatasi konsumsi vitamin A yang berlebihan. Ubi juga mengandung sumber vitamin C,folat dan kaya serat.

2. Buah dan Sayuran Bermacam Warna
Mengkonsumsi buah dan suran dengan berbagai warna seperti warna hijau, oranye, merah, kuning, putih, ungu akan memastikan bahwa anda beserta bayi anda akan mendapatkan banyak nutrisi yang lebih. Setiap warna yang berbeda akan memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

3. Walnut
Walnut ini kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi anda. Walnut sangat cocok bagi anda yang tidak suka telur ataupun ikan. Walnut ini terkadang dijadikan sebuah snack dan salad.

Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Walnut | Sumber gambar : Walnut.net.au

4. Sayuran Berdaun Hijau Tua
Manfaat sayuran untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi, terutama untuk sayuran yang mempunyai warna hijau tua. Sebagai contoh bayam atau sayuran dengan warna hijau yang lain yang kaya akan serat dan vitamin serta nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuran juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Kacang
Terdapat banyak pilihan dan manfaat pada kacang yang bermanfaat bagi ibu hamil. Dari semua jenis kacang-kacangan, buncis merupakan salah satu jenis kacang yang dapat memberikan serat dan protein yang banyak dari semua jenis sayuran.
Makanan yang berserat tinggi merupakan teman anda sehari-hari disaat menunggu 9 bulan untuk melahirkan. Karena serat dapat memperlancar pencernaan anda yang selalu terhambat, dan dapat memperkecil kemungkinan anda untuk sembelit dan wasir.
Makanan berserat juga mengandung banyak gizi yang merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

Kacang-Kacangan | Sumber gambar : images.google.com
6. Biji-bijian yang Lain
Biji-bijian yang lain seperti popcorn yang merupakan gandum. Gandum mempunyai kandungan serat tinggi dan nutrisi, termasuk juga kandungan vitamin E,selenium, dan fitonutrien (tanaman senyawa yang melindungi sel-sel). Bukan hanya popcorn saja, tentu saja banyak biji-bijian yang lain di luar sana yangbaik untuk wanita hamil.

Makanan Olahan
Makanan olahan yang baik untuk ibu hamil seperti yoghurt. Yoghurt yunani biasanya mempunyai kandungan protein dua kali lipat dari yoghurt yang sudah pernah kita temui sebelumnya. Hal ini dapat dijadikan makanan favorit di saat kehamilan. Segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik untuk diet kehamilan. Jika anda kekurangan kalsium pada tubuh anda, kemungkinan besar bayi yang ada di dalam kandungan anda perkembangannya menjadi terlambat. Kalsium akan membantu bayi anda membentuk tulang-tulang yang sehat pada bayi anda.


Tujuan utama saat kehamilan sang bayi yaitu memastikan diri anda untuk menjaga gizi dan kesehatan, karena semakin baik gizi yang anda peroleh disaat masa kehamilan, maka semakin baik juga tumbuh kembang sang bayi di dalam kandungan anda. Selalu jaga pola makan dan kesehatan anda.Semoga artikel di atas tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil di atas dapat bermnafaat dan emoga bayi anda lahir dengan sehat dan selamat. Baca juga artikel kami tentang Tips Menghilangkan Perut Kembung Pada Ibu Hamil.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya