Langsung ke konten utama

Ketahui Sejak Dini Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

DokterGaul.Net - Penyebab dan Gejala Kanker Serviks - Kanker serviks atau biasa disebut dengan cervical cancer merupakan salah salah satu penyakit kanker yang terjadi pada organ reproduksi wanita. HPV atau Human Papillomavirus memainkan peran akan penyebab timbulnya kanker serbiks. Para wanita yang menderita kanker serbiks ini mengalami beberapa gangguan diantaranya berupa rasa nyeri dan pendarahan saat berhubungan intim dengan pasangannya.

Pada saat wanita terkena HPV, sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah virus tersebut berkembang di dalam tubuh para penderita. Pada kanker serviks ini, virus HPV dapat bertahan hidup hingga bertahun-tahun dan dapat mengubah beberapa sel yang terdapat pada permukaan leher rahim menjadi sel kanker. Kanker serbiks ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 30 tahun



penyebab kanker serviks,gejala kanker serviks,faktor resiko kanker serviks,penyebab kanker serviks
Kanker Serviks | Sumber gambar : images.google.com


Gejala-Gejala Penyakit Kanker Serviks

Pada tahap awal kemungkinan anda tidak mengalami gejala-gejala kanker serviks, oleh karena itu pemeriksaan menjadi langkah yang paling penting untuk mendeteksi resiko kanker serviks. Sedangkan gejala kanker serviks pada tahap lanjut meliputi :

  • Terjadinya pendarahan pada saat melakukan hubungan, setelah menopause atau tidak pada periode datang bulan.
  • Basah atau keluarnya darah pada vagina yang kental dan berbau
  • Merasakan rasa sakit pada saat berhubungan dan rasa sakit pada pinggul


Penyebab Kanker Serviks

Kanker terjadi karena adanya mutasi sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang normal akan tumbuh dan dapat melipatgandakan dirinya secara teratur. Akan tetapi berbeda dengan sel yang abnormal atau tidak normal , sel kanker tumbuh dan melipatgandakan dirinya secara tidak terkontrol dan sel tersebut tidak mati. Akumulasi dari sel tersebut akan dapat menjadi besar dan disebut dengan tumor. Sel kanker menyerang bagian tubuh paling dekat dan dapat memecahkan sumbernya untuk dapat menyebar kemanapun keseluruh bagian tubuh.



penyebab kanker serviks,gejala kanker serviks,faktor resiko kanker serviks,penyebab kanker serviks
Kanker Serviks | Sumber gambar : images.google.com


Secara umum ada dua tipe kanker serviks antara lain :
  • Squamous cell carcinomas yang terdapat pada bagian bawah serviks. Tipe ini menjadi faktor penyebab 80 hingga 90 persen kanker serviks.
  • Adenocarcinomas yang terdapat pada bagian atas serviks. Tipe ini menjadi penyebab 10 hingga 20 persen kanker serviks.
Apa yang menjadi penyebab sel squamos dan sel glandular menjadi abnormal dan berkembang menjadi kanker sangatlah tidak jelas. Namun virus HPV ini memainkan peran sangat berarti pada hal ini. Bukti telah menunjukan bahwa virus HPV ini dijumpai pada semua kasus konker erviks. Namun juga disisi lain ada beberapa wanita mempunyai virus HPV tidak pernah mengalami kanker serviks. Ini menunjukan adanya kemungkinan faktor lain yang menjadi penyebab seperti genetik, lingkungan atau gaya hidup masing-masing individu.

Faktor Resiko Kanker Serviks

Beberapa hal di bawah ini dapat meningkatkan resiko kanker serviks antara lain :

  • Melakukan hubungan badan dengan berganti-ganti pasangan
  • Melakukan hubungan badan pada usia dini
  • Penyakit kelamin menular yang lain
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Merokok
Pencegahan Kanker Serviks

Untuk melakukan pencegahan terharap kanker serviks, anda dapat mengurangi resiko kanker serviks di atas dengan tindakan pencegahan infeksi virus HPV. Selalu gunakan kondom sebagai pengaman pada saat berhubungan , sebab hal tersebut dapat mengurangi resiko infeksi virus HPV.

Tips tambahan untuk mencegah kanker serviks diantaranya adalah :
  • Setia pada pasangan anda
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Menunda hubungan badan hingga usia matang
  • Ikuti metode pemeriksaan serviks (pap smeat test)
  • Gunakan vaksinasi untuk pencegahan HPV
Kanker serviks dapat menyerang wanita siapapun juga, khususnya para wanita yang kurang menjaga kesehatan dan kebersihan reproduksinya. Tim DokterGaul berharap anda dapat menjaga pola hidup sehat anda agar terhindar dari segala macam penyakit. Semoga artikel tentang Penyabab dan Gejala Kanker Serviks di atas bermanfaat bagi anda.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya