Langsung ke konten utama

15+ Tips Ampuh Terhindar Dari Ancaman Penyakit Kanker

DokterGaul.Net - Tips Hindari Penyakit Kanker - Segala jenis penyakit kanker merupakan penyakit yang tentu saja tidak di inginkan bagi setiap orang, namun penyakit kanker ini merupakan salah satu penyakit berat yang sering menghantui setiap orang. Penyebab kanker paling utama biasanya dari faktor genetik, jika di dalam sebuah keluarga tersebut mempunyai riwayat penyakit kanker, kemungkinan kecil akan menurun pada anak atau cucunya. Penyakit kanker mempunyai faktor resiko yang berbeda-beda. Tapi jangan khawatir, bagi anda yang takut akan ancaman penyakit kanker , anda dapat menekan kemungkinan tersebut dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat setiap saat. 


tips ampuh mencegah dan terhindar dari kanker
Tips Mencegah Kanker | Sumber gambar : images.google.com
Berikut ini merupakan tips ampuh untuk menghindari ancaman penyakit kanker yang harus anda ketahui :

1. Hindari Senyawa Karsinohenik
Senyawa ini antara lain terdiri dari formaldehida yang biasa kita jumpai pada asap kendaraan bermotor dan beberapa produk sealant, Benzena,Asbes, dan lain sebagainya. Upayakan anda  selalu terhindar dari kontak langsung dengan asap kendaraan bermotor.

2. Hindari Kebiasaan Merokok
Jika anda dapat menghindari yang namanya MEROKOK ini sangat banyak sekali manfaatnya, terlebih lagi anda dapat menghindar dari lingkungan para orang-orang perokok, karena perokok pasif juga memiliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan. Dengan menghindari merokok salah satunya anda dapat terhindari dari serangan kanker. Setiap anda sekali menghisap asap rokok, maka anda akan menarik 60 jenis zat berbahaya yang dapat memicu dan membentuk sel kanker dalam tubuh anda.

3. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D
Perbanyaklah anda memakan makanan yang mengandung vitamin D, karena vitamin tersebut dapat mengurangi resiko berkembangnya sel kanker 4 kali lipat lebih efektif, namun untuk dosis konsumsi vitamin D ini disarankan 4.000-5.000 |u per hari, dan usahakan jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan overdosis vitamin D.

4. Konsumsi Makanan Sehat
Walaupun tips ini bukan jaminan untuk menghindari resiko kanker, namun kanker juga dapat dipicu dengan pola makan yang buruk. Lakukanlah diet secara sehat bagi anda yang sedang obesitas,karena obesitas dan masalah gizi lain memiliki 30% penyebab kanker.

5. Konsumsi Makanan Kaya Akan Nabati
Tim DokterGaul.Net harap anda dapat mengkonsumsi 5 porsi buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap harinya. Karena makanan yang kaya nabati tersebut dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan lambung kita. Pilihklah buah-buahan yang ditanam secara organik karena tidak mengandung pestisida yang juga dapat memicu adanya resiko kanker.

6. Batasi Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh
Pilihlah makanan yang mengandung kadar lemak rendah, karena dengan kadar lemak tinggi akan menyebabkan kanker prostat, kanker usus besar dan kanker rahim. Untuk membatasi makanan yang mengandung minyak jenuh dengan mengurangi makan makanan yang berbau daging.

7. Jaga Berat Badan Anda dan Berolahraga
Dengan melakukan kebiasaan berolahraga secara teratur dapat mencegah penyakit kanker dan penyakit lalinnya, sebab kondisi obesitas yang berlebihan dapat menyebabkan resiko kanker sehingga DokterGaul.Net sarankan agar anda selalu teratur dalam melakukan olahraga agar berat badan anda menjadi lebih ideal dan tidak obesitas.

8. Lindungi Anda dari Sengatan Matahari Secara Langsung
Hindari kebiasaan anda di luar ruangan dengan terkena matahari secara langsung di waktu-waktu tertentu. Karena sinar matahari pada waktu-waktu tertentu ini dapat menyebab kan kanker kulit. Jika memang harus terpaksa keluar ruangan, gunakanlah kacamata hitam atau tabir surya dan cari tempat yang teduh.

9. Berikan Tubuh Anda Vaksinasi
Vaiksinasi untuk mencegah resiko penyakit kanker yang berhubungan dengan infeksi. Vaksinasi hepatitis B dapat menekan resiko kanker hati dan HPV atau Human Papillomavirus yang dapat menyebabkan kanker serviks. Jadi Tim DokterGaul.Net menyarankan agar anda selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan vaksinasi tersebut.

10. Konsultasi Dengan Dokter Anda Secara Teratur
Kemungkinan memperkecil ancaman resiko kanker ini dengan selalu konsultasi dan memeriksakan diri anda dengan teratur. DokterGaul.Net menyarankan agar anda melakukan checkup tubuh anda sebanyak 2 kali selama satu tahun agar segala penyakit seperti kanker ini dapat terdeteksi sejak dini, dan penanganannya tidak terlambat.

11. Hindari Pikiran Stress
Dengan pikiran stress kesehatan anda akan terganggu, dan akan menyebabkan kemungkinan kanker dalam tubuh anda.

12. Kurangi Mengkonsumsi Gula Terlalu Berlebihan
Bagi anda yang gemar mengkonsumsi gula terlalu banyak, kami berharap anda mulai sekarang mengurangi kebiasaan tersebut karena selain memicu penyakit diabetes, gula ini dapat menyebabkan resiko kanker payudara.

13. Banyak-Banyaklah Minum Air
Para ahli kesehatan telah menganjurakan kepada kita agar meminum air sebanyak setengah dari berat badan kita dengan takaran ons per hari. Dengan melakukan kebiasaan meminum air mineral setiap hari dengan takaran yang dianjurkan akan semakin memperkecil kemungkinan tumbuhnya kanker dalam tubuh anda, serta air juga dapat mencegah penyakit lain seperti ginjal.

14. Konsumsi Makanan Kaya Akan Anti Oksidan
Tips lain untuk menghindari resiko penyakit kanker yaitu dengan memakan makanan yang kaya akan anti oksidan. Makanan dengan kandungan anti oksidan seperti makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E serta beta-karoten.

15. Hilangakan Minyak Terhidrogenasi
Hindari makanan yang mengandung lemak yang telah diubah secara kimia. Jenis minyak seperti ini dapat kita temukan pada margarin dapur, makanan ringan, kue, makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Karena minyak tersebut sudah berkali-kali dipakai untuk melakukan pemasakan suatu makanan.

16. Konsumsi Buah Berwarna Merah
Mengkonsumsi buah berwarna merah seperti stroberi, tomat dan ceri yang bisa memperkecil kemungkinan resiko kanker, sebab buah yang berwarna merah tersebut banyak mengandung likopen, senyawa seperti halnya anti-oksidan

Demikian tadi Tips Ampuh Terhindar Dari Ancaman Penyakit Kanker, semoga dapat memberikan banyak manfaat dan pengetahuan untuk bersama-sama memerangi ancaman penyakit kanker yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lainnya tentang Ketahui Sejak Dini Penyebab dan Gejala Kanker Serviks.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya