Langsung ke konten utama

Tips Mencegah dan Mengobati Tifus Dengan Cara Alami

DokterGaul.Net - Tips Mencegah dan Mengobati Tifus Dengan Cara Alami - Tifus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang ditandai dengan terjadinya diare, penyakit sistemik, dan ruam di mana bakteri tersebut biasa disebut dengan bakteri Salmonella (S. typhi). Bakteri penyebab penyakit tifus tersebut dapat menyebar melalui makanan yang tercemar, minuman atau air. Jika seseorang yang mengkonsumsi sesuatu yang sudah terkontaminasi bakteri s.typhi, bakteri tersebut akan masuk ke dalam usus, kemudian ke dalam aliran darah, di mana pada saat hal tersebut terjadi perjalanan bakteri ke kelenjar getah bening, kantung empedu, limpa, hati dan bagian tubuh lain.

Penyebaran bakteri s.typhi ini dapat dikarenakan oleh orang lain disekitar anda. Bakteri s.typhi ini akan selalu mengeluarkan kotorannya selama bertahun-tahun dan menyebarkan vektor penyakit tifus. Demam yang dikarenakan penyakit tifus ini sangat umum di negara-negara berkembang, dan paling banyak di negara-negara maju yang dibawanya dari luar negeri.

Tips Mencegah dan Mengobati Tifus Dengan Cara Alami
Pencegah dan Obat Penyakit Tifus | Sumber gambar : images.google.com
Untuk pengobatan penyakit tifus ini terbilang gampang-gampang susah. Susahnya kita dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam masa penyembuhannya. Gampangnya, pengobatan penyakit tifus ini dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik saja, penyakit tifus ini dapat sembuh. Penyakit tifus merupakan salah satu penyakit yang lama masa penyembuhannya.

Telah kita ketahui bahwa obat-obatan yang diberikan oleh para medis sangatlah ampuh. Namun alangkah lebih baik dan lebih sehat jika kita mencegah dan mengobati penyakit tifus ini dengan obat-obatan alami yang terbuat dari tumbuhan. Berikut ini tanaman-tamanan obat yang dapat anda jadikan obat atau pencegahan gejala tifus beserta cara membuatnya.

1. Campuran Rebusan Kunyit, Sambiloto, dan Daun Pegagan
  • Cucilah kunyit sebesar ibu jari sampai bersih kemudian iris tipis-tipis
  • Cucilah pegagan sebanyak 20 lembar dan daun sambiloto sebanyak 11 lembar hingga bersih
  • Rebus irisan kunyit tadi dengan daun sambiloto dan pegagan dengan 4 gelas air putih hingga air menysut tersisa 3 gelas
  • Angkat dan dinginkan kemudian disaring
  • Minumlah tiga kali sehari sebanyak 2/3 gelas hingga panas tifus menurun
2. Air Temulawak
  • Cucilah ripang temulawak yang sebesar ibu jari orang dewasa sampai bersih
  • Rebus dalam segelas air putih hingga menyusut menjadi 2/3 gelas.
  • Minumlah segelas per hari selama dua bulan. Waktu dua bulan ini untuk mengantisipasi kambuhnya demam tifus dan agar dapat dipastikan sembuh total
3. Perasan Air Sawo Muda (Sari Buah Sawo Muda)
  • Cuci hingga bersih 3 buah sawo muda dan keringkan
  • Parutlah sawo muda tersebut
  • Peras dan ambil airnya
  • Minumlah air perasan buah sawo muda tadi sehari sekali
  • Lakukan pengobatan tersebut selama 2 hari untuk anak-anak, dan 3 hari untuk orang dewasa
4. Air Rebusan Akar Pohon Kemiri
  • Cucilah sampai bersih 8 potong akar kemiri sebesar jari telunjuk
  • Rebus kemiri tersebut dengan air 500ml hingga ramuan menusut menjadi 250ml lalu dinginkan
  • Setelah dingin, masukan rebusan tersebut ke dalam botol beserta akarnya agar tetap terendam di dalam ramuan
  • Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari,sebanyak 20ml sekali minum hingga panas menurun
Demikian tadi beberapa tips, cara mencegah dan mengobati penyakit tifus dengan cara alami. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Anda dapat membaca tips lain tentang 7 Tips Ampuh Memutihkan Kulit Ketiak Yang Hitam

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya