Langsung ke konten utama

6 Tips Ampuh Meredakan Sakit Pada Tenggorokan

DokterGaul.Net - Cara Meredakan Sakit Tenggorokan - Sebagian anda pernah mengalami sakit pada tenggorokan. Sebagai gejala sederhana ketika sakit tenggorokan dengan adanya rasa gatal, nyeri jika dipakai menelan makanan, dan serak. Penyebab yang menimbulkan hal tersebut pun bervariasi, mulai dari alergi, virus, bakteri, batuk, hingga karena anda perokok. Ketika anda mengalami hal tersebut, anda akan berpikiran bagaimana solusi untuk mengatasi gejala tersebut. Bagi anda yang mungkin terbiasa pergi ke dokter untuk mengobati sakit ternggorokan dapat menjadi solusi tepat, namun jika anda enggan pergi ke dokter karena berbagai alasan, anda dapat melakukan tips sederhana berikut ini guna menyembuhkan sakit tenggorokan yang anda alami. Berikut tipsnya :

Tips Ampuh Meredakan Sakit Pada Tenggorokan
Sakit Tenggorokan | Sumber gambar : images.google.com

1. Makan Permen Pelega Tenggorokan
Konsumsi permen pelega tenggorokan minimal sekali sehari. Dengan anda mengkonsumsi permen pelega tenggorokan, produksi liur akan bertambah dan membuat tenggorokan menjadi lembab. Permen pelega tenggorokan ini sangat berbeda dengan kebanyakan permen yang sering anda temui. Permen pelega tenggorokan mengandung antibakteri dan dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. Banyak merk yang dapat anda pilih dan anda temui di berbagai apotek hingga di swalayan.

2. Perbanyak Konsumsi Cairan
Banyak-banyak minum air, entah air putih ataupun minuman yang lain agar anda tetap terhidrasi. Hal tersebut sangat penting bagi anda yang sedang sakit tenggorokan karena tubuh anda harus cukup cairan agar urine tetap dalam kondisi terbaik. Dengan banyak air akan menjaga selaput lendir tetap lembab dan mengurangi bakteri dan iritasi seperti alergen, serta tubuh anda mampu  melawan gejala flu. Anda juga diperbolehkan meminum minuman yang manis seperti jus buah yang encer.

3. Makan Sup Ayam
Selain membantu anda dalam menyembuhkan pilek, sup ayam ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan anda. Natrium dari kaldu sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang tentu saja membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Dikarenakan perasaan nyeri ketika menelan makanan, sup ayam adalah makanan yang cocok dikonsumsi karena sifatnya yang cair, yang dapat membantu anda dalam menelan makanan dengan mudah. Serta sup ayam kaya nutrisi yang dapat melawan penyakit lain.

4. Minum teh
Bosan minum air putih? Secangkir teh herbal hangat dapat menawarkan efek yang menenangkan saat anda sedang sakit tenggorokan. Teh non-herbal, apakah dibuat dari daun warna hitam, hijau, ataupun putih juga dapat menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu pada secangkir teh anda, karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat kesembuhan.

5. Berkumur dengan air garam hangat
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir, dan mengurangi iritasi atau bakteri. Dokter umumnya merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat.

6. Minum obat batuk sirup
Obat batuk sirup yang biasa anda konsumsi ketika sedang batuk ternyata juga bisa anda terapkan pada sakit tenggorokan anda. Obat batuk sirup dapat mengurangi nyeri di tenggorokan untuk sementara waktu, namun demikian cukup efektif untuk mengusir ketidaknyamanan di tenggorokan. Dosisnya juga bisa anda samakan pada saat anda sedang batuk. Jika anda sedang bekerja, pilihlah obat batuk sirup yang tidak menyebabkan kantuk.

Demikian tadi 6 tips meredakan sakit tenggorokan yang dapat membantu anda dalam memerangi, mengobati, mencegah sakit tenggorokan.  Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari agar daya tahan tubuh sehat maksimal dan terhindar dari segala penyakit. Baca juga artikel kesehatan yang lain tentang Penyebab Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya.

Pos populer dari blog ini

20 Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

DokterGaul.Net - Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan - Kehamilan merupakan sebuah waktu di mana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi para pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan, meskipun sebagian orang ada pula yang menunda kehamilan tersebut. Karena banyak di antara anda dan termasuk anda yang sudah menanti-nantikan kehamilan itu datang, akhirnya ada mencari tahu informasi tentang ciri-ciri awal kehamilan. Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut, DokterGaul.Net akan berbagipengetahuan dan tips mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri wanita hamil. Sekitar 20 tips yang akan kami bagikan untuk anda , dan berikut ini tanda-tandanya :



1. Terlambat Datang Bulan / Haid Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas terjadi merupakan terlambatnya datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Sel…

Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan

DokterGaul.Net - Gejala Penyakit Diabetes, Penyebab, Cara Pencegahan - Mengenal penyakit diabetes dengan mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian diabetes, gejala atau tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, dan cara mencegah diabetes.
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.
Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.
Menge…

Gejala dan Penyebab Kekentalan Darah dan Cara Mengatasinya