Cara Ampuh Mengatasi Susah Kentut – kentut adalah bagian normal kehidupan dan produk sampingan alami dari sistem pencernaan yang sehat. kentut dalam tubuh Anda harus keluar, jika tidak Anda akan meletus seperti balon yang terlalu penuh.

Susah Kentut

Susah Kentut

Menurut informasi terbaru kebanyakan orang kentut antara 14 dan 23 kali per hari . Itu mungkin terdengar seperti banyak, tetapi kebanyakan kentut tidak berbau dan relatif tidak terdeteksi. Adalah umum bagi orang untuk merasa seolah-olah mereka susah kentut lebih dari yang lain, tetapi itu biasanya tidak benar.

Sebagian besar kentut yang Anda lewati adalah udara yang tertelan. Anda menelan udara sepanjang hari sambil makan dan minum. kentut-kentut lain diproduksi di saluran pencernaan Anda saat makanan yang Anda makan rusak. Kentut terutama terbuat dari uap tidak berbau seperti karbon dioksida, oksigen, nitrogen, hidrogen, dan kadang-kadang metana.

Meskipun kentut adalah bagian normal dari kehidupan, kentut itu tidak nyaman. Anda tidak dapat berhenti kentut sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah kentut dalam sistem Anda.

Tips Mengatasi Susah Kentut?

  • Makan lebih lambat dan penuh perhatian
    Sebagian besar kentut dalam tubuh Anda ditelan udara. Meskipun tidak mungkin untuk menghindari menelan udara sepenuhnya, Anda dapat mengurangi jumlah yang Anda telan. Saat Anda makan cepat, Anda menelan lebih banyak udara daripada saat Anda makan dengan lambat.

Ini khususnya benar ketika Anda makan saat bepergian. Hindari makan sambil melakukan kegiatan lain, seperti berjalan, mengemudi, atau bersepeda.

  • Jangan mengunyah permen karet
    Orang yang mengunyah permen karet sepanjang hari menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Jika Anda khawatir tentang menjaga napas tetap segar, cobalah makan permen mint bebas gula. Obat kumur yang bekerja lama juga dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut di mulut Anda.
  • Kurangi makanan penghasil kentut
    Beberapa makanan menghasilkan lebih banyak kentut daripada yang lain. Karbohidrat tertentu adalah penyebab umum, termasuk yang mengandung fruktosa, laktosa, serat tidak larut, dan pati. Karbohidrat ini difermentasi di usus besar dan memiliki riwayat menyebabkan masalah pencernaan.

Banyak orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) bereksperimen dengan diet rendah FODMAP (oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol), yang menghindari gula yang dapat difermentasi. Namun, banyak dari makanan penghasil kentut ini adalah bagian penting dari diet sehat. Anda mungkin tidak perlu memotong makanan ini sepenuhnya dari diet Anda, tetapi bisa makan lebih sedikit.

Karbohidrat penghasil kentut umum meliputi: Gula kompleks: Kacang, kubis, kecambah Brussel, brokoli, asparagus, biji-bijian, sorbitol, dan sayuran lainnya. Fruktosa: Bawang, artichoke, pir, minuman ringan, jus buah, dan buah-buahan lainnya. Laktosa: Semua produk susu, termasuk susu, keju, dan es krim.
Serat tidak larut: Sebagian besar buah-buahan, dedak gandum, kacang polong, dan kacang-kacangan.
Pati: Kentang, pasta, gandum, dan jagung.

  • Periksa intoleransi makanan dengan diet eliminasi
    Intoleransi makanan berbeda dari alergi makanan. Alih-alih respons alergi, intoleransi makanan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, kentut, kembung, dan mual. Intoleransi makanan yang umum adalah intoleransi laktosa . Laktosa ditemukan di semua produk susu.

Sebuah diet eliminasi dapat membantu Anda mempersempit dalam pada penyebab kentut kelebihan Anda. Coba hilangkan semua produk susu dari diet Anda. Jika Anda masih mengalami kentut abnormal, coba hilangkan makanan penghasil kentut yang tercantum di atas. Kemudian, perlahan-lahan mulai tambahkan makanan kembali satu per satu. Simpan catatan terperinci tentang makanan Anda dan gejala apa pun yang muncul.

Sementara banyak orang merasa mereka mungkin memiliki intoleransi gluten , penting untuk menemui kentuttroenterologis Anda untuk menyingkirkan penyakit celiac sebelum memulai diet bebas gluten . Gluten ditemukan di semua produk gandum, seperti roti dan pasta. Bebas gluten akan memengaruhi keakuratan dari setiap pengujian yang perlu dilakukan untuk mengevaluasi penyakit celiac, jadi tunggu sampai Anda mendengar kabar dari dokter Anda sebelum mengeluarkan gluten dari diet Anda.

Minuman Apa Saja yang Harus di Hindari agar Tidak Susah Kentut?

  • Hindari soda, bir, dan minuman berkarbonasi lainnya
    Gelembung udara yang ditemukan dalam minuman berkarbonasi terkenal karena kemampuannya menghasilkan sendawa. Tetapi sebagian dari udara ini juga akan masuk melalui saluran pencernaan Anda dan keluar dari tubuh Anda melalui dubur. Coba ganti minuman berkarbonasi dengan air, teh, anggur, atau jus bebas gula.

Cobalah suplemen enzim
Beano adalah obat bebas yang mengandung enzim pencernaan yang disebut a-galactosidase. Ini membantu memecah karbohidrat kompleks.Ini memungkinkan karbohidrat kompleks ini dipecah di usus kecil, alih-alih pindah ke usus besar dipecah oleh bakteri penghasil kentut.Sebuah studi dari 2007 menemukan bahwa a-galactosidase secara signifikan mengurangi keparahan perut kembung setelah makan penuh kacang.

Tapi, itu tidak membantu dengan kentut yang disebabkan oleh laktosa atau serat.  Lactaid mengandung enzim yang disebut laktase yang membantu orang dengan intoleransi laktosa mencerna produk susu. Itu juga harus diambil sebelum makan. Produk susu tertentu juga tersedia dengan laktosa berkurang .

Coba probiotik
Saluran pencernaan Anda penuh dengan bakteri sehat yang membantu Anda memecah makanan. Bakteri sehat tertentu sebenarnya dapat memecah kentut hidrogen yang dihasilkan bakteri lain selama pencernaan. Probiotik adalah suplemen makanan yang mengandung bakteri baik ini. Banyak orang mengonsumsinya untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan atau untuk mengobati kondisi kronis seperti IBS.

  • Berhenti merokok
    Setiap kali Anda menyeret rokok, cerutu, atau e-cig, Anda menelan udara. Sering merokok dapat menambah banyak udara ekstra ke tubuh Anda.
  • Rawat sembelit Anda
    Ketika kotoran yang mengandung banyak bakteri – duduk di usus besar Anda untuk waktu yang lama, kotoran itu terus berfermentasi. Proses fermentasi ini menghasilkan banyak kentut yang seringkali berbau ekstra.

Kapan periksa dan cara mengatasi jika susah kentut?

Buat janji dengan dokter Anda jika gejalanya tiba-tiba menjadi parah atau jika Anda mengalami:

  • rasa sakit
  • mual
  • muntah
  • diare

Langkah pertama dalam mengobati sembelit adalah meningkatkan asupan air Anda. Minum air sebanyak mungkin akan membantu membuat semuanya bergerak. Kedua, tingkatkan asupan serat Anda dengan buah-buahan dan sayuran atau suplemen serat seperti Metamucil.

Belanja untuk Metamucil. Jika itu tidak berhasil, cobalah pelunak tinja yang lembut seperti Colace atau MiraLAX . Beli pelembut feses.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Asma Tanpa ke Dokter

  • Tingkatkan aktivitas fisik Anda
    Menggerakkan tubuh Anda dapat membantu mengendalikan sistem pencernaan Anda. Cobalah olahraga tingkat sedang, empat hingga lima hari per minggu. Anda mungkin juga ingin mencoba berjalan lambat setelah makan besar.

Sebagian besar kasus kelebihan kentut bukan pertanda sesuatu yang serius. Anda mungkin akan melihat beberapa peningkatan dari perubahan gaya hidup atau obat OTC. Menyimpan buku harian makanan dapat membantu dalam menentukan apakah Anda telah mengembangkan intoleransi makanan. Demikianlah artikel tentang cara mengatasi susah kentut semoga bermanfaat.

Kategori: Uncategorized

dokter@gaul

kunjungi kami untuk mendapatkan informasi dan artikel kesehatan bermanfaat. Jurnal penyakit jantung,kanker,tumor,hepatitis,diabetes,sakit mata,kulit,kehamilan,kesehatan bayi, dan sebagainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *