cara mengatasi telat haid

Cara Mengatasi Telat Haid Tanpa Efek Samping

Haid atau menstruasi merupakan proses dimana darah keluar dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Haid terjadi karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Apabila terjadi pembuahan maka sel telur tersebut tidak akan pecah justru akan menjadi embrio atau dikenal dengan kehamilan. Haid mempunyai siklus yang berbeda-beda. Jika terjadi keterlambatan haid, berikut informasi mengenai cara mengatasi telat haid dengan bahan herbal tanpa efek samping.

 

Menstruasi mempunyai siklus yang bermacam-macam, tergantung dari hormon, aktivitas, dan kesehatan tubuh seseorang. Siklus datang bulan yang lancar biasanya terjadi sekitar 30 hari atau satu bulan, dengan lama waktu haid sekitar 3 sampai 7 hari. Pada umumnya telah datang bulan ini terjadi karena tubuh yang lelah. Namun, bisa juga pertanda kehamilan. Telat datang bulan menjadi hal yang wajar, yang dikenal dengan istilah oligomenorrhea.

Apabila cara-cara mengatasi telat datang bulan ini hasilnya kurang maksimal anda bisa membeli obat penggugur kandungan ampuh untuk mengatasi telat datang bulan anda.

Cara Mengatasi Telat Haid dengan Bahan Herbal

  1. Jahe

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa ternyata jahe mempunyai khasiat untuk mengatasi telat haid. Jahe adalah salah satu obat herbal untuk pelancar datang bulan. Jahe mengandung zat yang dapat menghancurkan bakteri, terutama dalam tubuh manusia. Sehingga dapat mengatasi telat datang bulan pada wanita.

 

Jahe akan meningkatkan aliran darah dalam tubuh anda. Sehingga pencernaan lancar, termasuk pelepasan darah tersebut. Untuk mengatasi telat datang bulan dengan jahe adalah dengan minum air rebusan jahe yang sudah dicampur dengan sedikit gula agar rasanya manis. Selain itu, jahe juga dapat membuat tubuh menjadi hangat karena rasanya yang mint.

 

Gula berfungsi untuk meningkatkan rasa menjadi lebih manis. Anda juga dapat menambahkan madu sebagai pemanis alami. Madu mempunyai kandungan yang bagus untuk kesehatan dan pencernaan. Minum air rebusan jahe secara teratur juga berguna untuk mengatasi telat haid dan juga dapat meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

 

  1. Biji ketumbar

Ternyata biji ketumbar mempunyai khasiat yang sangat baik untuk mengatasi telat menstruasi atau datang bulan. Biji ketumbar bisa dimanfaatkan untuk mengatasi telat datang bulan. Selain sebagai obat untuk mengatasi telat haid, biji ketumbar juga mempunyai rasa yang khas untuk menyedapkan masakan.

 

Cara mengatasi telat haid dengan menggunakan biji ketumbar ini dapat dilakukan dengan cara  merebus beberapa sendok teh biji ketumbar, saring, dan minum 3 kali dalam satu hari. Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur pada pagi hari, siang hari, dan malam hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat menghangatkan yang berguna untuk mengatasi telat datang bulan atau menstruasi. Siapa yang tidak kenal dengan obat herbal yang satu ini. Kunyit mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk memperbaiki sistem reproduksi pada wanita. Terutama ketika baru melahirkan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kunyit ini.

 

Dengan mengonsumsi air rebusan kunyit ini dapat bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan antara hormon dengan siklus menstruasi. Sehingga sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalamnya juga dapat  mengatasi rasa kram. Banyak jamu herbal atau obat herbal yang menggunakan campuran kunyit sebagai bahan utama.

Cara mengatasi telat menstruasi atau haid dengan menggunakan kunyit langsung ini sangat ampuh. Namun, tentu saja rasanya sangat pahit jika tidak diberi campuran bahan herbal lainya. Caranya, anda dapat merebus kunyit dan ambil airnya saja, lalu minum secara teratur sampai siklus haid lancar kembali.

 

  1. Adas

Adas memang masih asing di dengar oleh kaum wanita. Adas juga bisa anda gunakan untuk mengatasi telat datang bulan atau menstruasi. Karena adas dapat meningkatkan aliran darah secara efektif dan baik terutama dalam mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Siklus haid setiap orang berbeda-beda, tergantung dari hormon tubuh masing-masing.

 

Adas juga mempunyai zat berupa antispasmodic yang mampu meredakan nyeri menstruasi berlangsung. Cara mengkonsumsi adas sebagai obat herbal pelancar haid dapat dijadikan sebagai jamu dan diseduh dengan campuran madu atau kunyit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus rutin meminumnya setiap pagi.

 

  1. Wortel

Siapa yang tidak mengenal sayur yang satu ini. Wortel adalah salah satu sayur yang sering digunakan untuk masak. Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Sehingga sering dijadikan sebagai obat herbal dalam mengobati mata. Namun ternyata wortel juga dapat mengatasi telat datang bulan atau haid.

Wortel merupakan sayuran yang menjadi sumber zat besi yang baik dan bisa mengatur fungsi hormonal dengan tepat. Bahkan wortel ini sering dijadikan sebagai obat herbal dengan berbagai ekstrak bahan herbal lainya sehingga sangat ampuh untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar.

 

Cara mengatasi telat menstruasi atau datang bulan dengan minum perasan wortel atau jus wortel. Jus wortel dapat anda konsumsi setiap hari atau dua hari sekali secara teratur. Air perasan wortel sangat ampuh untuk mengatasi telat haid. Anda juga dapat mengkonsumsi wortel dengan cara di masak dan dijadikan sayur agar tidak bosan.

 

  1. Biji wijen

Bukan hanya biji ketumbar saja yang dapat dijadikan sebagai obat pelancar haid. Anda juga mengkonsumsi biji wijen untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Biji wijen memang mempunyai bentuk yang unik dan sangat kecil. Si kecil ini ternyata ampuh untuk mengatasi telat datang bulan atau siklus menstruasi yang tidak lancar.

 

Cara menggunakan biji wijen untuk mengatasi telat haid ini adalah dengan meminum air rebusan wijen setiap pagi secara teratur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat meminumnya saat perut kosong agar dapat bereaksi dengan cepat dan dapat merangsang sistem reproduksi dengan baik untuk memperbaiki siklus haid yang tidak lancar.

  1. Kayu Manis

Selain sebagai penyedap, kayu manis juga dapat digunakan untuk mengatasi telat datang bulan atau menstruasi. Kayu manis juga memiliki efek menghangatkan yang dapat berguna sebagai obat untuk mengatasi telat datang bulan. Kayu manis dapat dijadikan sebagai ekstrak bahan herbal untuk memperbaiki siklus haid yang tidak teratur.

 

Kayu manis juga mempunyai kandungan hydroxychalcone di dalamnya membantu untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai bakteri dan penyakit khususnya yang menyerang sistem reproduksi pada wanita.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang paling berkhasiat dalam mengatasi sistem pencernaan dan sistem reproduksi pada wanita. Buah pepaya ini  mempunyai khasiat yang luar biasa. Salah satunya dalam mengatasi siklus datang bulan yang tidak lancar. Bahkan pepaya yang masih mentah dijadikan sebagai bahan utama obat pelancar haid atau mentruasi.

epaya dapat dijadikan sebagai jus, jamu, dan masakan. Namun, Makan pepaya mentah sangat berguna untuk mengatasi telat datang bulan. Karena pepaya akan mengontraksi otot di rahim lalu kemudian berguna untuk menginduksi menstruasi sehingga dapat keluar dengan teratur.

 

Cara mengatasi telat haid dengan menggunakan pepaya mentah ini sangat ampuh. Apalagi jika ditambahkan kunyit dan asam, sebagai bahan tambahan. Dijamin siklus haid akan lancar kembali dan sistem reproduksi dapat berjalan dengan baik kembali.

 

  1. Peterseli

Bagi anda yang belum tahu mengenai obat herbal yang satu ini, Paterseli merupakan obat herbal yang sering dijadikan sebagai garnish makanan.  namun ternyata paterseli juga dapat digunakan juga untuk obat telat datang bulan. Peterseli mempunyai khasiat yang sangat ampuh untuk memperbaiki sistem reproduksi pada wanita.

 

Peterseli sering dimanfaatkan daunnya. Daun paterseli mengandung zat yang dapat digunakan untuk mengatasi telat datang bulan. Cara menggunakan obat herbal ini adalah dengan menggiling peterseli dan kemudian dicampur dengan air untuk kemudian diminum. Jika anda ingin cara yang lebih sederhana, anda dapat memeras daun peterseli tersebut dan langsung diminum.

 

  1. Anggur

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Buah yang mempunyai bentuk yang lucu ini ternyata mempunyai khasiat untuk mengatasi telat datang bulan atau haid. Buah anggur ternyata mempunyai khasiat untuk membersihkan sistem reproduksi pada wanita, khususnya bagi anda yang mempunyai keluhan telat haid.

Cara mengatasi telat haid dengan mengkonsumsi buah anggur ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, anda dapat memakannya secara langsung. Kedua, buah anggur dapat dijadikan jus yang sehingga lebih enak dalam mengkonsumsinya. atau anda juga dapat menjadikan anggur sebagai jamu herbal dengan campuran kunyit dan asam.

  1. Air kelapa hijau

Anda dapat memanfaatkan air kelapa hijau ini untuk pelancar haid. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat, sehingga dapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana air kelapa hijau mampu membantu melawan berbagai macam penyakit khususnya penyakit dalam. Senyawa laurat ini juga berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur serta anti-virus.

 

Air kelapa hijau juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.  Sehingga akan membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh khususnya wanita. Sebagai wanita, tentunya pilihan yang tepat jika anda memakai air kelapa hijau ini adalah untuk dijadikan sebagai obat herbal alami untuk melancarkan menstruasi atau datang bulan anda.

 

 

  1. Cuka apel

Bagi anda yang kenal dengan cuka apel, anda dapat memanfaatkannya untuk obat herbal telat datang bulan. Cuka apel dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk melancarkan haid. Bukan hanya itu, cuka apel juga dapat dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan masalah kulit seperti iritasi.

Cara menggunakan obat cuka apel ini dengan memiinum cuka apel selama 1-2 sendok makan cuka apel secara teratur. Minum cuka apel dengan teratur akan mengurangi kadar gula dalam darah anda. Dengan meminum seduhan cuka apel ini secara teratur, dapat memperbaiki siklus haid pada wanita dan memperlancar haid.

 

  1. Pare

Pare memang dikenal dengan sayur yang mempunyai bau yang sangat menyengat. Memang tidak banyak orang yang suka makan pare. Namun makan pare ampuh untuk mengatasi telat datang bulan. Melihat rasanya, pare memang mempunyai rasa yang sangat pahit. Terlebih jika tidak diolah dengan baik atau tidak mengetahui cara mengolahnya.

 

Selain dikonsumsi pare dapat dijadikan sebagai olahan sayur. Anda juga dapat membuat jus dari pare yang sebaiknya anda minum 1-2 kali setiap hari secara teratur selama beberapa minggu. Agar rasa pahir pare ini tidak terasa, sebelum diolah pare direndam dulu dengan air garam hingga rasa pahit nya berkurang.

 

  1. Vitamin C

Vitamin C mempunyai berbagai khasiat dan manfaat. Vitamin C sudah berkontribusi pada kesehatan tubuh, termasuk kesehatan menstruasi atau datang bulan. Hal ini disebabkan karena  vitamin C dapat meningkatkan produksi estrogen yang berkontribusi dalam kesehatan menstruasi.

 

Vitamin C dapat dikonsumsi dengan barbagai macam cara. Pertama, dikonsumsi langsung, Kedua mengganti votamin C dengan buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C. Serta anda bisa mendapatkan suntikan vitamin C ini dalam ekstrak seperti apel, tomat, dan buah beri. Sehingga siklus haid atau mentruasi anda dapat berjalan lancar kembali.

 


  1. Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat yang dapat membuat haid menjadi lancar. Selain sebagai pelancar haid, daun sirih juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan vagina. Cara untuk mengkonsumsi daun sirih adalah dengan mengumpulkan jadi satu lalu minum dengan teratur.

 

Selain sebagai obat untuk melancarkan haid, daun sirih juga dapat menjaga kesehatan vagina. Daun sirih dapat dijadikan sebagai pembersih vagina yang sangat berkhasiat, terutama untuk menghilangkan bau pada vagina.

 

  1. Sayuran Hijau

Tidak semua orang menyukai sayuran, tapi saat anda sedang mengalami masalah datang bulan, anda tidak boleh mengenyampingkan rasa ketidaksukaan tersebut. Karena kandungan di dalam sayuran tersebut sangat baik untuk membantu mengembalikan siklus haid ke kondisi normal.

 

Namun, dalam pengolahannya tak melulu hanya dijadikan sayur, anda dapat membuat cake atau keripik berbahan dasar sayuran agar lebih mudah dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi sayuran dapat menjaga kesehatan tubuh dan memperlancar siklus haid.

 

  1. Yoghurt

Selanjutnya adalah Yoghurt. Susu fermentasi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda. Cara menggunakanya adalah ambil daging yoghurt.  Selanjutnya konsumsi setiap hari sebelum sarapan selama 3 bulan sebagai cara mengatasi telat datang bulan.

 

Yoghurt juga dapat memperbaiki sistem pencernaan pada manusia. Bagi anda yang mempunyai masalah seperti susah buang air besar, anda dapat mengkonsumsi yoghurt pada pagi hari secara teratur. Maka sistem pencernaan anda akan lancar kembali.

 

  1. Kiranti Sehat Datang Bulan

Kiranti Sehat Datang Bulan adalah obat telat datang bulan yang paling ampuh dan manjur. Obat ini mengandung 100% bahan herbal alami yang berkhasiat. Obat ini berbentuk botol dengan isi seperti jamu kunyir. Karena Obat telat datang bulan ini dibuat dari kunyit segar dan bahan alami pilihan yang diproses secara higienis. Sehingga  sangat aman untuk dikonsumsi bagi para wanita yang telat datang bulan.

 

Harga obat kiranti ini sangat murah. Dengan komposisi kunyit, asam jawa, kencur, gula, jahe, kayu manis, dan sebagainya. Sehingga berkhasiat untuk mengatasi masalah datang bulan, mengobati nyeri saat haid, serta dapat melancarkan haid. Namun kiranti ini tidak cocok untuk ibu hamil karena menyebabkan efek samping mual dan perut keram.

5.     Sido Muncul Kunyit Asam Sirih
ido Muncul Kunyit Asam Sirih bukan hanya dapat mengurangi bau badan menyengat saja, atau mengobati nyeri saat haid akan tetapi dapat menjadi salah satu obat yang ampuh mengatasi telat datang bulan.  Sido Muncul Kunyit Asam Sirih merupakan jamu untuk telat datang bulan yang paling manjur dan ampuh dalam mengatasi haid. Dengan khasiat untuk mengobati telat datang bulan, serta meringankan nyeri haid.

Jamu ini diproduksi oleh PT Sido Muncul yang merupakan perusahaan paling dikenal sejak lama dalam produknya yang berkhasiat didalamnya. Sido Muncul Kunyit Asam Sirih dapat anda dapatkan di berbagai apotik terdekat, dengan harga yang terjangkau. Obat ini dibuat dari bahan alami seperti kunyit, asam sirih, garam, gula dan lainya.

cara mengatasi telat haid herbal

Cara Mengatasi Telat Haid dengan Memperbaiki Aktivitas

  1. Perbanyak Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk merelaksasikan tubuh. Satu cara mengatasi telat datang bulan adalah dengan memperbanyak gerak pada tubuh salah satunya dengan berolahraga. Bukan hanya olahraga yang berat saja, namun dengan olahraga ringan seperti jogging, senam, berenang, dan sebagainya juga dapat memperbaiki sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan paling penting adalah kesehatan tubuh.

 

Bahkan bagi anda yang sibuk dengan aktivitas rumah, anda dapat mengganti olahraga dengan kegiatan didalam rumah anda dapat berolahraga seperti beres-beres, bantu menyapu dan sebagainya juga termasuk olahraga. Yang paling penting adalah adanya gerakan pada tubuh anda.

 

Olahraga yang dilakukan juga dapat disesuaikan keinginan anda. Untuk lebih baik jika anda harus mengkhususkan agenda khusus untuk berolahraga rutin tiap minggu secara teratur. Olahraga yang rekomen sekali adalah joging. Dengan jogging anda dapat mengontrol barbagai kebutuhan.

 


  1. Perhatikan Pola Makan

Pola makan adalah hal paling utama untuk menjaga kesehatan anda. Kesehatan bukan hanya dilihat dari luarnya saja, namun termasuk kesehatan sistem pencernaa, sistem pernafasan, dan paling penting adalah sistem repsoduksi. Karena sistem repsoduksi merupakan sistam paling penting dalam meneruskan keturunan atau regenerasi pada manusia.

 

Pola makan sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Karena makanan yang sehat akan menyehatkan sistem tubuh begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, anda harus dapat menjaga pola makan anda secara teratur agar tidak menimbulkan efek telat datang bulan. Makanan yang anda makan harus 4 sehat 5 sempurna.

 

  1. Pola Tidur tidak Teratur

Selain pola makan, pola istirahat juga termasuk. Tidur yang tidak teratur ini dapat membuat efek samping yaitu telat datang bulan. Mengapa karena kurangnya tubuh untuk beristirahat. Dan untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar dapat dengan mengatur dan mengganti pola tidur anda.

 

Pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan tubuh merasa lemah dan lemas. Sehingga dengan tubuh lemas tersebut siklus haid tidak berjalan dengan lancar dan terjadi keterlambatan. Hal ini terjadi karena produktivitas yang menurun serta tubuh yang tidak fit. Oleh karena itu,anda harus menjaga pola tidur anda setiap hari.

 


  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih sangat diperlukan oleh semua orang. Terlalu jarang minum air putih dapat mengakibatkan dehidrasi. Sehingga jika kurang meminum air maka tubuh manusia akan dehidrasi. Begitu pula dengan siklus haid pada wanita, dengan mengkonsumsi banyak air putih secara teratur dapat membuat siklus menstruasi akan lancar.

 

Bukan hanya untuk melancarkan haid saja. Mengkonsumsi air putih juga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit dan bakteri. Karena tubuh manusia memerlukan air untuk membantu melancarkan berbagai sistem dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan dan reproduksi pada wanita.

 


  1. Banyak Minum Air Hangat

Air hangat sangat diperlukan oleh tubuh khususnya untuk mengembalikan suhu tubuh. Terlalu jarang minum air hangat dapat mengakibatkan dehidrasi. Begitu pula dengan siklus haid pada wanita, dengan mengkonsumsi banyak air hangat secara teratur dapat membuat siklus menstruasi akan lancar. Anda juga dapat mencampurkan air hangat dengan madu atau jus alpukat.

 

Air hangat dapat membuat tubuh menjadi hangat kembali. Bahkan air hangat juga dapat membantu kesehatan kulit anda. Karena dapat membuka pori kulit dan mengeluarkan berbagai kotoran dan bakteri dalam tubuh, khususnya pada wanita yang baru melahirkan atau baru selesai haid.

Terimakasih sudah membaca artikel DokterGaul.Net


dokter@gaul

kunjungi kami untuk mendapatkan informasi dan artikel kesehatan bermanfaat. Jurnal penyakit jantung,kanker,tumor,hepatitis,diabetes,sakit mata,kulit,kehamilan,kesehatan bayi, dan sebagainya

1 Komentar

Tips Praktis untuk Makan Makanan Sehat - DokterGaul.Net · Mei 13, 2019 pada 3:21 am

[…] Baca juga : Cara Mengatasi Telat Haid Tanpa Efek Samping […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *