ciri ciri akan hamil

ciri ciri hamil

Mengenali Ciri Ciri Akan Hamil Sebelum Telat Haid

Merasakan ciri-ciri akan hamil sebelum telat haid dapat diketahui dari beberapa hal. Sebenarnya apa saja yang menjadi tanda awal kehamilan pada minggu pertama sebelum Anda mengalami telat haid. Terkadang, seorang wanita memilih untuk membaca ciri-ciri yang muncul dalam tubuhnya sebelum melakukan uji kehamilan dengan menggunakan test pack atau periksa ke dokter.

Terlambat menstruasi merupakan tanda utama seorang wanita mengalami kehamilan. Namun, terkadang banyak wanita yang tidak sabar untuk segera mengetahui status kehamilannya. Sehingga mereka mencari tahu informasi bahwa hal-hal yang menjadi tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Memang sebagian wanita mengalami tanda-tanda tersebut.

Cara Mengenal Ciri-Ciri Akan Hamil Sebelum Telat Haid

Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan di awal maka dapat mengurangi risiko kekurangan nutrisi pada tubuh untuk perkembangan janin selama kehamilan. Bahkan bagi Anda yang telah mengetahui kehamilannya, maka akan dapat menjaga segala aktifitasnya.

  1. Suhu tubuh basal

Sebenarnya Anda bisa mengetahui awal tanda kehamilan sebelum mengalami telat haid yaitu dengan cara mengukur suhu tubuh. Pengukuran suhu tubuh yang tepat dan akurat yaitu pada saat Anda bangun tidur di pagi hari. Kenapa harus di pagi hari? Karena pada saat bangun tidur, suhu Anda belum terpengaruh oleh aktivitas apapun.

Melakukan aktivitas fisik akan meningkatkan suhu tubuh dan jika Anda mengukur suhu tubuh pada saat siang, sore atau malam hari maka hasil pengukuran belum tidak begitu akurat. Secara umum wanita yang mengalami pembuahan peningkatan suhu tubuh dari biasanya di atas normal, namun peningkatan suhu tubuh tersebut bukan demam.

Peningkatan suhu tubuh tersebut meningkat hanya sedikit, misalnya 0,4-06 derajad celcius dari suhu normal. Peningkatan suhu tubuh tersebut sering disebut sebagai suhu tubuh basal.

    1. Mual kehamilan pada waktu pagi (morning sickness)

Ciri-ciri akan hamil sebelum telat haid dapat diketahui dengan terjadinya morning sickness yaitu merasa mual dan bahkan muntah pada pagi hari. Hal itu disebabkan terjadinya peningkatan hormon estrogen didalam tubuh yang menyebabkan kadar asam lambung akan meningkat dan memicu terjadinya mual dan muntah.

Selain itu, kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang dihasilkan oleh plasenta sejak awal terjadinya kehamilan akan mengalami peningkatan dan menyebabkan gejala mual dan muntah. Namun rasa mual dan muntah ini akan berhenti seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Jika mual dan muntah tersebut masih terjadi terus menerus dan tidak berhenti dengan bertambahnya usia kehamilan. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih yang lebih baik. Karena jika dibiarkan, dapat menyebabkan janin yang Anda kadang bisa kekurangan nutrisi, karena Anda mengalami muntah yang terus menerus.

  1. Metabolisme Glikogen

Glikogen merupakan polisakarida yang dihasilkan oleh tubuh sebagai cadangan gula. Jika tubuh Anda membutuhkan energi yang banyak dan nutrisi pada awal kehamilan, maka glikogen tersebut akan dipecah dari hati. Jadi perubahan selanjutnya merupakan salah satu tanda awal terjadinya kehamilan sebelum telat haid yaitu meningkatnya metabolisme glikogen.

Peningkatan metabolisme glikogen tersebut bertujuan untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk janin, namun sayangnya proses ini dapat menimbulkan mual dan muntah-muntah. Pada awal kehamilan, organ penting janin akan mulai terbentuk sehingga asupan asam folat dan nutrisi lengkap lainnya harus tercukupi, oleh karena itu kenapa glikogen tersebut dipecah lebih banyak.

  1. Sering buang air kecil

Sering bolak balik kamar mandi membuat  calon ibu menjadi khawatir. Apakah itu merupakan gejala penyakit diabetes atau tanda-tanda kehamilan? Pada dasarnya dasarnya berbeda dengan diabetes yang juga ditandai dengan 3P yaitu Polydispia: banyak minum, Polyuria: sering kensing dan polyfagia: banyak makan.

Akan tetapi jika hanya ditandai dengan sering buang air kecil dan tidak ada gejala lainnya bisa jadi merupakan salah satu tanda kehamilan awal, karena pada masa kehamilan rahim wanita akan membesar dan pembesaran tersebut akan menekan kandung kemih. Sehingga ibu hamil akan merasa selalu ingin buang air kecil

  1. Payudara terasa nyeri dan membengkak

Seorang wanita yang memiliki ciri-ciri akan hamil sebelum telat haid biasanya akan mengalami perubahan pada payudara. Payudara akan terasa nyeri seperti syndrom mau datang bulan dan ukurannya juga menjadi lebih besar dari biasanya. Hal itu terjadi karena ada lonjakan dan perubahan hormon secara drastis pada wanita yang mengalami kehamilan.

Rasa nyeri dan bengkak pada payudara tersebut sebenarnya juga dialami wanita yang sedang menstruasi, namun jika nyeri terjadi sebelum Anda mengalami telat haid, maka bisa jadi itu salah satu tanda-tanda kehamilan.

Pada awal bulan pertama haid setelah terjadinya pembuahan, maka wanita akan mengalami perubahan hormone dan terus bertahan hingga usia kehamilan menginjak trimester ke 3. Ukuran payudara wanita akan terus mengalami pembesaran dan merasa nyeri sebagai persiapan menyusui ketika bayi dilahirkan.

  1. Pusing

Pusing juga merupakan gejala yang muncul pada awal kehamilan. Pusing terjadi karena pada saat awal kehamilan calon ibu akan mengalami penggunaan glukosa dalam jumlah yang banyak untuk memberikan nutrisi pada janin nya.

Selain itu calon ibu hamil juga akan mengalami tekanan darah yang menurun akibat pembuluh darah yang melebar untuk mensuplai asupan darah ke janin. Sehingga hal itu yang menyebabkan ibu hamil akan mudah mengalami pusing, apalagi jika kondisi psikologis nya sedang tertekan karena masalah pekerjaan yang menumpuk dan lain- lain.

  1. Kelelahan

Jika Anda tiba-tiba merasa kelelahan dan bahkan merasa sangat lelah padahal hanya melakukan aktivitas ringan seperti menonton TV, membaca buku, berjalan, menyapu atau aktivitas lain, maka bisa jadi Anda sedang mengalami kehamilan. Hal itu terjadi karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh Anda.

Memang sudan menjadi tanda yang pasti bahwa seorang wanita yang cenderung mudah kelelahan karena berat badanya akan semakin bertmabah, hal itu terjadi karena terbaginya oksigen dan nutrisi untuk janinnya.

Pada banyak wanita hamil, kelelahan akan berlanjut hingga trimester pertama dan akan mulai berkurang setelah trimester berikutnya. Namun ada juga sebagian wanita hamil akan semakin merasa lelah menjelang pada trimester akhir karena kondisi perut semakin membesar dan bobot menjadi semakin berat.

  1. Banyak makan

Ciri-ciri akan hamil sebelum telat haid yang terakhir yaitu Anda akan merasa mudah lapar dan selalu ingin makan. Jika Anda sebelumnya tidak memiliki kebiasaan seperti itu, maka bisa jadi itu merupakan salah satu tanda-tanda Anda mengalami kehamilan sebelum telat haid. Kondisi tersebut akan terjadi karena asupan nutrisi pada ibu hamil akan mengalami peningkatan untuk kebutuhan janinnya.

Jadi sangat wajar jika wanita hamil akan merasa mudah lapar dan selalu ingin mengemil. Namun hal itu tidak menjadi masalah, asal selalu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Jika Anda mengemil sebaiknya pilih cemilan yang sehat seperti roti gandum, biscuit, buah-buahan atau makan sehat yang lainnya.

Kategori: Kehamilan

dokter@gaul

kunjungi kami untuk mendapatkan informasi dan artikel kesehatan bermanfaat. Jurnal penyakit jantung,kanker,tumor,hepatitis,diabetes,sakit mata,kulit,kehamilan,kesehatan bayi, dan sebagainya

1 Komentar

Cara Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita - DokterGaul.Net · Mei 13, 2019 pada 2:51 am

[…] Baca juga : Mengenali Ciri Ciri Akan Hamil Sebelum Telat Haid […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *