Manfaat Air Minum Putih! Menjaga terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, tetapi banyak orang tidak mengkonsumsi cukup cairan setiap hari.
Sekitar 60 persen tubuh terdiri dari air, dan sekitar 71 persen permukaan planet tertutup oleh air.

Menurut informasi terkini pada kali ini akan membahas tentang manfaat air minum. Mungkin sifat air yang ada di mana-mana yang berarti cukup minum setiap hari bukanlah prioritas utama banyak orang. Manusia dewasa adalah 60 persen air, dan darah kita adalah 90 persen air.  Tidak ada jumlah air yang disepakati secara universal yang harus dikonsumsi setiap hari.

Air sangat penting untuk ginjal dan fungsi tubuh lainnya.

Saat mengalami dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan. Minum air putih bukannya soda dapat membantu menurunkan berat badan.
Lima belas manfaat air minum

Manfaat air minum

Kemungkinan manfaat air minum berkisar dari menjaga kesehatan ginjal hingga menurunkan berat badan. Agar berfungsi dengan baik, semua sel dan organ tubuh membutuhkan air.

Inilah beberapa alasan tubuh kita membutuhkan air:

melumasi sendi

Tulang rawan, ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerap goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

Ini bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

Ini mengatur suhu tubuh

Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat ketika tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh. Dalam olahraga.

Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu mentolerir tekanan panas.

Memiliki banyak air dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika stres panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan tentang efek ini.

Sistem pencernaan tergantung padanya

Usus membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit , dan perut terlalu asam. Ini meningkatkan risiko mulas dan sakit maag.

Apa Manfaat Air Minum Putih ?

Ini membuang limbah tubuh

Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan membuang urin dan feses.

Ini membantu menjaga tekanan darah

Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah .

Saluran udara membutuhkannya

Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini dapat memperburuk asma dan alergi.

Itu membuat mineral dan nutrisi dapat diakses

Ini larut dalam air , yang memungkinkan mereka untuk mencapai bagian tubuh yang berbeda.

Mencegah kerusakan ginjal

Ginjal mengatur cairan dalam tubuh. Air yang tidak mencukupi dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya.

Ini meningkatkan kinerja selama berolahraga

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam kegiatan yang berlangsung lebih dari 30 menit.

Penurunan berat badan

Air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus dan soda yang dimaniskan. “Preloading” dengan air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang.

mengurangi kemungkinan mabuk

Saat berpesta, air soda tanpa pemanis dengan es dan lemon bergantian dengan minuman beralkohol dapat membantu mencegah konsumsi alkohol yang berlebihan.

Kerusakan ginjal

Air membantu melarutkan mineral dan nutrisi, membuatnya lebih mudah diakses oleh tubuh. Ini juga membantu menghilangkan produk limbah.

Ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kadar cairan.
Dua fungsi ini membuat air sangat penting bagi ginjal. Setiap hari, ginjal menyaring sekitar 120-150 liter cairan.

Dari jumlah tersebut, sekitar 1-2 liter dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin, dan sisanya dipulihkan oleh aliran darah. Air sangat penting untuk fungsi ginjal.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, produk limbah dan cairan berlebih dapat menumpuk di dalam tubuh.

Penyakit ginjal kronis yang tidak diobati dapat menyebabkan gagal ginjal. Organ berhenti bekerja, dan dialisis atau transplantasi ginjal diperlukan.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi kedua yang paling umum dalam tubuh. Mereka mencatat sekitar 8,1 juta kunjungan ke penyedia layanan kesehatan di AS setiap tahun.

Jika infeksi menyebar ke saluran kemih bagian atas, termasuk ginjal, kerusakan permanen dapat terjadi. Infeksi ginjal yang tiba-tiba, atau akut dapat mengancam jiwa, terutama jika septikemia terjadi.

Minum banyak air adalah cara sederhana untuk mengurangi risiko mengembangkan ISK dan membantu mengobati ISK yang ada.

Bagaimana Manfaat Air Minum Putih ?

Batu ginjal mengganggu cara kerja ginjal. Saat ada, dapat mempersulit ISK. ISK yang rumit ini cenderung membutuhkan antibiotik jangka panjang untuk mengobatinya, biasanya berlangsung 7 hingga 14 hari.

Penyebab utama batu ginjal adalah kurangnya air. Orang yang melaporkannya sering tidak minum air harian yang direkomendasikan. Batu ginjal juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis .

Pada November 2014, American College of Physicians mengeluarkan pedoman baru untuk orang-orang yang sebelumnya menderita batu ginjal. Pedoman menyatakan bahwa meningkatkan asupan cairan untuk memungkinkan 2 liter buang air kecil sehari dapat mengurangi risiko kekambuhan batu setidaknya setengah tanpa efek samping.

Dehidrasi terjadi jika kita menggunakan dan kehilangan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh. Ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh. Elektrolit, seperti kalium , fosfat, dan natrium, membantu membawa sinyal listrik antar sel. Ginjal menjaga tingkat elektrolit dalam tubuh stabil ketika berfungsi dengan baik.

Ketika ginjal tidak dapat mempertahankan keseimbangan dalam tingkat elektrolit, sinyal-sinyal listrik ini menjadi tercampur. Ini dapat menyebabkan kejang, melibatkan gerakan otot tak sadar dan kehilangan kesadaran.

Pada kasus yang parah, dehidrasi dapat menyebabkan gagal ginjal, yang dapat mengancam jiwa. Kemungkinan komplikasi gagal ginjal kronis termasuk anemia , kerusakan sistem saraf pusat , gagal jantung , dan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Selama berfungsi sehari-hari, air hilang oleh tubuh, dan ini perlu diganti. Kami memperhatikan bahwa kami kehilangan air melalui kegiatan seperti berkeringat dan buang air kecil, tetapi air hilang bahkan ketika bernafas.

Air minum, baik dari keran atau botol, adalah sumber cairan terbaik untuk tubuh.

Susu dan jus juga merupakan sumber cairan yang baik, tetapi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, seperti minuman ringan, kopi , dan bir, tidak ideal karena sering mengandung kalori kosong . Minum air putih bukannya soda dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebelumnya diduga bahwa minuman berkafein memiliki sifat diuretik, yang berarti mereka menyebabkan tubuh melepaskan air. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan cairan karena minuman berkafein minimal.

Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS, rata-rata asupan air harian yang direkomendasikan dari makanan dan minuman adalah: Ini akan menjadi sekitar 15,5 cangkir untuk pria dan lebih dari 11 cangkir untuk wanita. Namun, sekitar 80 persen dari ini harus berasal dari minuman, termasuk air, dan sisanya berasal dari makanan.

Baca juga : Manfaat Kesehatan Terbaik Dari Air Mentimun

Bayi dan anak-anak memiliki persentase air yang lebih tinggi daripada orang dewasa. Ketika bayi lahir, mereka sekitar 78 persen air, tetapi ini turun menjadi 65 persen pada usia 1 tahun.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat air minum bagi tubuh. Semoga bermanfaat

Kategori: kesehatan

dokter@gaul

kunjungi kami untuk mendapatkan informasi dan artikel kesehatan bermanfaat. Jurnal penyakit jantung,kanker,tumor,hepatitis,diabetes,sakit mata,kulit,kehamilan,kesehatan bayi, dan sebagainya

1 Komentar

Cara Alami Mengatasi Asma Tanpa ke Dokter - DokterGaul.Net · Mei 17, 2019 pada 6:30 am

[…] Baca juga : Manfaat Air Minum Putih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *